Pulau Nusa Lembongan

Pulau Nusa Lembongan salah satu bagian dari 3 pulau terluar yang terletak di Kabupaten Klungkung Bali. Pulau tersebut adalah Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Untuk menuju ke tiga pulau tersebut dari dataran utama Bali hanya bisa dengan transportasi laut yaitu dengan fast boat atau speed boat yang berangkat setiap hari dari dermaga pantai Sanur. Diantara ketiganya maka Pulau Nusa Lembongan adalah yang paling populer dan memiliki sarana dan prasarana lengkap dalam menunjang aktivitas pariwisatanya.

Pulau Nusa Lembongan secara administratif menjadi bagian wilayah Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Badung, di sebelah Tenggara dataran utama Bali. Jika anda berkunjung ke pulau tersebut dari dermaga pantai Sanur dengan kapal cepat atau fast boat dari Bali ke Nusa Lembongan,maka hanya butuh waktu hanya 30 menit perjalanan laut menuju dermaga Jungut Batu atau Mushroom Bay. Jarak tempuh sekitar 11 km ke arah Tenggara Bali, yang cukup terjangkau untuk tujuan wisata ataupun liburan. Kalau anda ingin perjalanan lebih menyenangkan termasuk juga permainan watersport maka bisa ikut Bali Hai Cruise atau Bounty Cruise yang melakukan pelayaran setiap hari menuju Nusa Lembongan.

Mangrove tour di pulau Nusa Lembongan

Pulau Nusa Lembongan sendiri, hanya sebuah pulau kecil yang mudah dijelajahi dengan kendaraan bermotor baik itu dengan sepeda motor ataupun mobil, panjang pulau ini hanya 4,6 km sedangkan lebarnya hanya 1,5 km. Sehingga bisa anda bayangkan, jika anda menjelajahi pulau ini dengan sepeda kayuh saja sudah cukup terjangkau. Sarana insfratuktur jalan cukup memadai, akses-akses ke tempat-tempat wisata bisa dijangkau dengan mudah dengan kendaraan bermotor, sehingga sarana transportasi yang paling populer di Nusa Lembongan adalah sepeda motor.

Anda bisa menemukan dengan mudah pusat-pusat penyewaan sepeda motor seperti di dermaga fast boat, anda tidak perlu registrasi, cukup membayar harga sewa yang ditawarkan sekitar 70.000/hari, anda bisa bawa sepeda motor sepuasnya keliling pulau Nusa Lembongan, dan pengembaliannya cukup ditaruh di dermaga saja, tidak perlu lagi memberitahukan pemiliknya, jadi cukup simpel tidak perlu ribet seperti prosedur penyewaan sepeda motor di Bali.

Pulau Nusa Lembongan terdiri dari 6 buah dusun dan 12 banjar adat. Yang cukup menarik setelah menikmati keindahan pulau Nusa Lembongan, maka anda bisa dengan mudah mengakses Nusa Ceningan, karena dari Nusa Lembongan sudah ada jembatan, yang dikenal dengan jembatan Kuning, jembatan tersebut pernah ambruk dan memakan korban jiwa karena kelebihan beban, namun sekarang Jembatan Kuning tersebut sudah selesai dan bisa menghubungkan dua pulau tersebut lewat darat, namun hanya sebatas akses dengan sepeda motor saja.

Objek wisata di Pulau Nusa Lembongan

Pulau Nusa Lembongan memang tempat ideal untuk wisata ataupun liburan, di kawasan pulau ini anda bisa menemukan akomodasi, baik itu hotel murah ataupun hotel mewah berkelas, sehingga liburan anda bisa disesuaikan dengan bajet. Jika anda ingin menjelajahi pulau ini agar lebih murah sewalah sepeda motor, namun jika ingin kenyamanan lebih bisa sewa mobil.

Aktivitas di pulau Nusa Lembongan yang cukup populer adalah wisata menyelam dan juga snorkeling, di kawasan ini sudah tersedia dan mudah ditemukan layanan wisata untuk kegiatan tersebut. Aktivitas lainnya adalah ikut tour menikmati keindahan hutan bakau, dengan sewa perahu sampan tanpa menggunakan mesin, maka anda akan diajak berkeliling hutan bakau, melewati kanal-kanal yang ada, waktu terbaik untuk kegiatan ini adalah pada pagi hari saat air laut pasang.

Kegiatan lainnya di PUlau Nusa Lembongan adalah menikmati keindahan objek wisata pulau ini, dengan tour keliling pulau, anda bisa mengunjungi objek-objek wisata tersebut dengan mudah diantaranya Dream Beach, Mushroom Bay, Goa Gala-Gala, Jungut Batu, Devil Tears, Goa Sarang Walet, Rawa-Rawa Pegadungan dan sejumlah tempat lainnya.

Wisata tour atau jalan-jalan di pulau Nusa Lembongan, kalau perjalanan dari pulau Bali, bisa dengan fast boat atau kapal cepat, dalam waktu sehari, naik fast boat dari dermaga pantai Sanur pada pagi hari pukul 08.30, melakukan aktivitas tour atau diving maupun snorkeling, kemudian pukul 16.00 wita anda bisa balik. Jadi jika anda punya waktu liburan terbatas, anda bisa dalam sehari bisa naik fast boat pulang pergi, dan di Pulau Nusa Lembongan anda bisa jalan-jalan tour mengunjungi objek wisata yang ada.

Jadi bisa disimpulkan, pulau Nusa Lembongan adalah pulau kecil yang menjadi bagian wilayah propinsi Bali, bisa diakses dengan fast boat atau cruise yang berlayar setiap hari, tidak hanya sebagai tujuan wisata diving maupun snorkeling, tetapi juga menikmati berbagai keindahan pemandangan laut dan pantai berpasir putih, termasuk juga pemandangan alam sunset. Berbagai sarana seperti hotel, pusat layanan wisata, restoran, layanan wisata dan transportasi bisa ditemukan dengan mudah di pulau ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.