Objek wisata di Nusa Lembongan

Nusa Lembongan adalah pulau kecil dengan perkembangan pariwisatanya cukup pesat, ini dikarenakan pulau kecil tersebut memiliki sejumlah objek wisata yang menakjubkan, tidak hanya keindahan alam lautnya saja tetapi pantai-pantai eksotik yang mengelilingi pulau Nusa Lembongan, membuat pulau ini paling dicari untuk tujuan liburan setelah dataran utamanya Bali.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke sini, sehingga tidak mengherankan sarana transportasi laut dari Sanur menuju Nusa Lembongan dengan fast boat atau fast boat selalu ramai penumpang, setiap provider speed boat (kapal cepat) tersebut bahkan memiliki jadwal dari 3 – 5 kali penyebrangan pulang pergi, itu menandakan bagaimana antusiasme para wisatawan untuk menikmati keindahan objek wisata di pulau Nusa Lembongan. Belum lagi kapal-kapal kecil yang khusus disewa penumpang untuk melakukan aktivitas snorkeling dan diving di Nusa Lembongan.

Objek wisata di Nusa Lembongan

Objek wisata populer di Nusa Lembongan

Cukup disayangkan jika anda liburan ke Bali tidak melanjutkan perjalanan menuju pulau Nusa Lembongan, pulau ini cukup kecil, sehingga dalam sehari anda bisa mengunjungi sebagian besar tempat-tempat populer di kawasan ini. Sehingga jika anda mengambil jadwal fast boat (speed boat) pagi dari Sanur, kemudian tour di Nusa Lembongan selama 7 jam, sore harinya di hari yang sama bisa pulang ke Bali lagi. Tapi kalau anda punya waktu liburan yang lebih lama anda bisa memilih sejumlah hotel murah di kawasan ini.

Berikut 7 objek wisata populer di pulau Nusa Lembongan, diantaranya;

  1. Jungut Batu
    Objek wisata pantai Jungut Batu merupakan salah satu kawasan pariwisata populer di kawasan Nusa Lembongan, Jungut Batu juga merupakan salah satu dermaga fast boat atau speed boat yang datang dari Sanur Bali. Pantai Jungut Batu juga menawarkan keindahan pantai berpasir putih dengan air lautnya yang tenang, kawasan pantai ini memang cukup sibuk sebagai dermaga atau pelabuhan kapal, keindahan alam bawah lautnya cocok juga untuk snorkeling dan diving, pada sore hari anda bisa menyaksikan sunset.
  2. Dream Beach
    Objek wisata di Nusa Lembongan ini memiliki menyajikan keindahan alam pantai berpasir putih, air lautnya jernih sehingga ideal untuk mandi ataupun berenang. Pantai Dream Beach berada di balik jurang, seolah tersembunyi, di pinggir pantai terdapat penginapan dan juga restaurant yang memiliki kolam renang yang langsung menghadap ke laut. Tempat ini memang cukup spesial di Nusa Lembongan dan menjadi salah satu objek wisata populer.
  3. Mushroom Bay
    Setelah Jungut Batu, maka pantai Mushroom Bay adalah dermaga fast boat (speed boat) berikutnya di Nusa Lembongan, jejeran kapal-kapal tradisional dan juga speed boat terlihat menghiasi bibir pantai ini. Namun demikian air lautnya tetap jernih sehingga menjadi tempat ideal untuk berenang, bahkan bersantai atupun berjemur di atas pasir putihnya, pada sisi kira dan kanan pantai dibatasi oleh tebing bukit yang berdiri puluhan unit villa, sejumlah hotel dan restaurant serta provider menyelam bisa ditemukan di sini.
  4. Hutan Mangrove
    Hutan bakau selalu indah untuk dinikmati, berbeda dengan hutan mangrove di Bali yang disediakan jalur trekking ke tengah hutan, tetapi hutan mangrove di Nusa Lembongan, anda menyusurinya dengan perahu/ sampan tradisional melalui kanak-kanal yang sudah tersedia. Suasananya tentu berbeda, ketika anda berada dalam hutan dengan sebuah perahu melaju perlahan, merasakan kesegaran alam hutan dan pantai, kanal dalam hutan tersebut ujungnya mengarah ke laut, sehingga menjadi perjalanan tour yang menyenangkan.
  5. Jembatan Kuning
    Objek wisata Jembatan Kuning di Nusa Lembongan juga merupakan penghubung antara pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan, bisa dilalui dengan kendaraan roda dua atau sepeda motor, setelah sempat roboh dan mengalami perbaikan panjang jembatan tersebut menjadi 150 meter, menjadi salah satu ikon di kawasan ini, bahkan tempat ini disebut juga dengan jembatan cinta, tidak jarang wisatawan melakukan pemotretan foto pre-wedding di sini, walaupun hanya sebuah jembatan tetapi memiliki daya tarik sendiri.
  6. Goa Gala-gala
    Oleh wisatawan asing dikenal sebagai Under Ground House, atau rumah di bawah tanah. Goa Gala-gala tersebut memiliki sejumlah ruang dan lorong penghubung antara satu dengan lainnya. Cukup fantastis pengerjaan rumah bawah tanah ini memakan waktu 15 tahun dan hanya menggunakan alat-alat sederhana (konvensional). Dikerjakan oleh seorang dalang bernama Mangku Byasa, terinspirasi dari kisah pewayangan Mahabratha tatkala bersembunyi di ruang bawah tanah. Tempat ini unik dan menarik sehingga tempat ini dijadikan sebagai situs warisan budaya.
  7. Devil Tears
    Kedengarannya memang cukup asing, karena memang diambil dari bahasa asing. Nama tersebut muncul tatkala hempasan gelombang ombak yang menghantam di dinding batu karang di tepi laut, hempasan gelombang ombak tersebut menimbulkan buih yang menyembur ke udara, serta menyisakan air di bebatuan karang, air-air tersebut kembali mengalir atau menetes ke laut, aliran dan tetesan air tersebut membuatnya dikenal sebagai Devil Tears. Sebuah pemandangan alam yang indah dan asri, menjadi spot menarik dan wajib untuk dikunjungi di Nusa Lembongan.

Demikian 7 buah objek wisata di Nusa Lembongan yang sangat populer dan wajib untuk dikunjungi. Jika anda memiliki waktu terbataspun, dalam sehari anda bisa mengunjungi semua objek wisata tersebut, karena pulau Nusa Lembongan cukup kecil dan mudah dijangkau dengan kendaraan bermotor. Untuk melengkapi perjalanan liburan anda ke pulau ini, kami sediakan tiket fast boat dari Bali ke Nusa Lembongan dengan harga lebih murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.